Cara Membuat Cutting Sticker

1.      Buka program Corel Draw, kemudian klik new dan import gambar yang diinginkan.
2.      Jika gambar belum memiliki format vektor, ubahlah gambar menjadi vektor atau gunakan quick trace sehingga dapat menjadi objek yang solid dan mulus.
3.      Setelah itu masuk ke dalam proses pemisahan warna. Misalnya Anda ingin memisahkan warna biru pada gambar, lakukan metode Weld dengan menyeleksi semua gambar yang berwarna biru, lalu klik weld. Masing-masing halaman atau page sebaiknya digunakan untuk satu warna saja.
4.      Setelah melakukan pemisahan warna, selanjutnya lakukan export ke format EPS (centang bagian selection only dan export this page only). Lakukan langkah ini satu per satu setiap page hingga semuanya menjadi file berformat EPS. Jangan lupa, tiap warna harus dibedakan filenya. Selain itu, gambar juga harus kosong dan hanya bergaris saja karena mesin cutting sticker hanya membaca objek bergaris.
5.      Proses selanjutnya adalah melakukan cutting sticker menggunakan program Art Cut yang didapat saat pembelian mesin cutting sticker itu sendiri. Buka program Art Cut, kemudian isi ukuran sesuai dengan ukuran sticker vinyl (putih dan transparan) atau sticker scotlite (sticker yang berpendar jika terkena cahaya).
6.      Lakukan import gambar yang akan digunakan memotong sticker
7.      Selanjutnya klik File – Cut/Plot, kemudian klik Cut/Plot.
8.      Kemudian lakukan setting pada mesin cutting plotter dengan mengisi bahan cutting yang sesuai. Sesuaikan juga setting-an mesin dengan gambar, kemudian klik Start.
9.      Tunggu hingga proses pemotongan selesai

10.  Setelah pemotongan selesai, lakukan proses pengelupasan pada bagian yang tidak perlu.

Tidak ada komentar: