Beroperasi Hari Ini, Begini Megahnya Terminal Baru Bandara Husein


Beroperasi Hari Ini, Begini Megahnya Terminal Baru Bandara Husein



Bandung -Terminal baru Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat hari ini dioperasikan melayani penumpang domestik dan internasional. Terminal ini difungsikan karena adanya renovasi terminal lama Bandara Husein. Bandara ini dikembangkan dan dikelola oleh PT Angkasa Pura II (AP II) (Persero).

Saat pengoperasian secara resmi hari ini, AP II menyuguhkan sajian seni tradisional kecapi suling dan Tari Merak di terminal kedatangan. Di lantai dua, dekat food court juga ada sajian tari tradisional yang disuguhkan untuk para penumpang baik domestik maupun tradisional.

"Ini spesial hari ini ada suguhan seni tradisional dari Pemkot Bandung. Kalau nanti hanya Sabtu Minggu saja," ujar GM Bandara Husein Sastranegara, Dorma Manalu di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (6/4/2016).


Area Pengambilan Bagasi Penumpang (Avitia/Detik)


Setelah pengoperasian terminal baru, AP II melakukan merenovasi terminal lama. Target 6 bulan ke depan, terminal penumpang yang lama akan selesai direnovasi.

"Kalau selesai renovasi yang lama, total luasnya jadi 17.000 meter persegi. Nanti terminal internasional di sana. Di sini khusus domestik," terang Dorma.

Dorma berharap dengan adanya terminal baru, semakin banyak orang yang datang ke Jawa Barat khususnya Kota Bandung melalui jalur udara.

"Kita ini kan seperti gerbang. Harapannya bisa menjadi gerbang yang layak, kunjungan ke Jabar bertambah, kan kita yang untung. Supaya orang datang lebih banyak, khususnya internasional," tandasnya.


Area Check In Counter Penumpang (Avitia/Detik)


Para Penumpang Mengaku Senang

Wajah baru Bandar udara ini mengusung tema 'Moderen with Traditional Nuances Airport'. Desain bangunan terinspirasi arsitektur tradisional atap rumah khas Jabar, yakni Leuit (tempat menyimpan gabah) dan Julang Ngapak (rumah tradisional Sunda), serta senjata tradisional khas Jabar yakni kujang.

Sesuai dengan konsepnya, interior terminal baru memang kental dengan nuansa seni. Hampir di seluruh sudut ruangan di lantai 2, terdapat karya lukis dari seniman John Martono yang dipajang di hampir semua bagian tembok terminal. Semua titik lukisan yang berwarna-warni itu cukup menarik untuk dijadikan spot foto.


Hiburan di Terminal Penumpang (Avitia/Detik)


Salah seorang penumpang, Zubaedah Wiji mengaku cukup kaget dengan nuansa baru Bandara Husein Sastranegara.

"Saya baru dua minggu kemarin berangkat dari sini masih di yang lama. Sekarang yang baru cukup kaget juga, karena kan biasanya berantakan banget, sekarang bagus," ujar dosen UNINUS tersebut.


Suasana Terminal Baru Bandara Husein (Avitia/Detik)


Wiji menilai terminal baru ini sungguh berbeda dengan terminal lama. Terminal baru layak disetarakan dengan bandara kelas internasional lainnya.

"Kalau kemarin tau sendiri, bandara internasional tapi berantakan. Sekarang nggak malu lagi, nyaman. Tempat nunggunya lebih enak," ungkapnya yang hendak berangkat ke Semarang itu.


Suasana dalam Terminal Bandara Husein (Avitia/Detik)


detik.com

Tidak ada komentar: