Jokowi Resmikan Pasar Mama-mama Youtefa di Jayapura


Jayapura -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Pasar Budaya Mama-mama di Kota Jayapura, Papua. Jokowi yang datang pukul 9.00 WIT ini sudah disambut mama-mama pedagang yang sudah menunggunya sejak pagi tersebut.

Seperti biasa, dalam setiap agenda blusukannya, Jokowi mengenakan baju putih dan didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir pula Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Targetnya jangan lama-lama bangun pasar ini. Sudah ditunggu sama mama-mama. Jangan sampai lebih dari setahun. Kalau bisa 10 bulan," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan meriah Mama-mama saat peresmian di lokasi pembangunan Pasar Mama-mama, Distrik Gurabesi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sabtu (30/4/2016).

"Jangan tepuk tangan dulu. Saya tanya dulu, siap nggak Bu Menteri (Rini Soemarno)?" tanya Jokowi.

"Siap," jawab Rini singkat.

"Siap-siap nggak siap harus siap. Nanti Mama-mama marah lagi ke saya. Marah tidak apa-apa, kalau untuk kebaikan," tutur Jokowi lagi yang kali ini disambut tawa Mama-mama.



Selain untuk meresmikan Pasar Mama-mama, secara simbolik, Jokowi juga meresmikan 2 pasar tradisional lainnya yang diinisiasi Kementerian Perdagangan, yakni Pasar Pharaa dan Pasar Doyobaru.

Pasar Budaya Mama-Mama sendiri merupakan pasar yang dibangun di pusat Kota Jayapura yang merupakan bekas kantor dan pool Perum Damri. Luasnya sekitar 1 hektar. Pasar ini nantinya bisa menampung pedagang Mama-mama asli Papua berjualan di pasar, khususnya hasil kebun.

Sebelum terbang ke Papua, Jokowi juga sebelumnya meresmikan Pasar Amahami di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tidak ada komentar: