Ke Eropa, Jokowi Pastikan Kerja Sama Ekonomi RI-Uni Eropa


Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda pada 18-22 April. Dalam kunjungan itu, Jokowi akan memastikan perundingan kerja sama antara Indonesia dengan Uni Eropa melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Kunjungan kerja Presiden ke sana sekaligus membuka jalan perjanjian. Jadi, nanti Presiden terutama ke Brussel (Ibu Kota Belgia), itu akan ada pengumuman apakah perundingan sudah bisa dimulai," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jumat (16/4/2016).

Darmin menjelaskan, dalam perundingan tersebut Indonesia dan Uni Eropa akan menyamakan visi sebelum sepakat terhadap CEPA. Adapun perjanjian kerja sama itu mencakup sektor barang, jasa, dan investasi.

Sebelumnya, Darmin melanjutkan, pemerintah sudah menyampaikan rencana kerja sama melalui CEPA ke Uni Eropa, dan sudah mendapat respons. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti dalam kunjungan Jokowi ke Brussel.

"Sudah ada comment dari Uni Eropa, dan kemudian kita sudah pelajari. Kita sudah ambil yang kita sepakat apa saja. CEPA itu comprehensive agreement, mencakup banyak hal," pungkas Darmin

Tidak ada komentar: