Taksi Tanpa Supir Segera Hadir di Singapura


Taksi Tanpa Supir Segera Hadir di SingapuraJakarta - Bila dilihat perkembangannya, teknologi mobil otonom saat ini masih jauh dari kata siap. Pun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat startup ini untuk mengembangkan mobil otonom untuk dijadikan layanan taksi di Singapura.

Teknologi mobil otonom sendiri dewasa ini masih masuk ke dalam level 3. Artinya, mobil tersebut masih beroperasi secara terbatas dan masih membutuhkan input dari pengemudi.

Kalaupun ada, seperti yang kita lihat di beberapa produk milik beberapa pabrikan mobil, masih sebatas sistem semi otonom, seperti parkir atau rem otomatis.

Adapun startup yang berencana untuk menghadirkan layanan taksi otonom ini bernama nuTonomy. 

Dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (6/4/2016), menurut informasi startup kolaborasi mahasiswa di MIT (Massachusetts Institute of Technology) ini, layanannya memungkinkan masyarakat di Singapura untuk memesan taksi dari ponselnya.

Setelah memesan dan mengisi tujuan, taksi secara otomatis akan mengantar Anda ke tempat tujuan. Bahkan, taksi akan memilih jalur terbaik yang tidak dilanda kemacetan.

Dan karena taksinya menggunakan mobil listrik, maka diharapkan layanan ini bisa mengurangi emisi gas rumah kaca di Singapura. 

"Ini bisa membuat layanan car-sharing menjadi senyaman mobil pribadi, tapi dengan aksesibilitas dan ongkos kendaraan umum," ujar co-founder dan CTO Emilio Frazzoli.

Taksi otonom ini sendiri dikatakan telah melalui uji coba di bulan Maret 2016. Dan telah menyelesaikannya tanpa ada benturan atau kecelakaan satupun.

Entah kapan layanan ini akan meluncur, karena nuTonomy sendiri saat ini masih dalam proses mendapatkan izin untuk mengaspal di pusat bisnis One North. (rou/rou) 

Tidak ada komentar: